Kontribusi Online bagi Mamade

Screen Shot 2014-11-30 at 8.19.02 PM

Perkembangan bisnis Mamade, macaroni homemade juga tidak lepas dari inovasi dalam bisnis ini. Salah satunya adalah penjualan melalui online. Mamade yang awalnya hanya berjualan melalui warung dan mulut ke mulut, pada tahun 2009 mulai merambah ke dunia online. Bisnis yang awalnya hanya kecil-kecilan, mulai berkembang pesat karena dampak penjualan online.

Ide berjualan online ini sebenarnya tidak terpikirkan oleh Yogi, founder dari Mamade. Tapi putra Yogi, Vicky Arief Setiawan lah yang mencetuskan ide untuk memasarkan Mamade melalui berbagai situs online seperti Kaskus dan Toko Bagus.com (kini OLX.com).

Screen Shot 2014-11-30 at 9.10.01 PM

Ternyata sambutan dari pasar online luar biasa. Pesanan mulai datang bukan hanya dari Jakarta tapi juga dari luar kota. “Jadi setelah itu (online) terus terus terus berkembang sampe sekarang ya. Pemasaran kita udah seluruh Indonesia bahkan sampai ke luar negeri. Sampai Malaysia, Singapura dan Filipina.”, ujar Yogi.

Pengiriman pun dilakukan melalui agen pengiriman kepada para reseller di luar kota. Yogi sendiri mengakui dan salut pada kehebatan media online. “Terus terang online memang sangat membantu saya akui. Sangat membantu untuk menjangaku orang jadi tau ya semua.”, jelasnya.

IMG_3773IMG_3779

Setelah menjual melalui situs web jual beli, tahun 2011 Mamade mulai membuat situsnya sendiri di http://www.mamademakaroni.com . Vicky sendiri lah yang menjadi admin web tersebut sampai sekarang.

Screen Shot 2014-11-30 at 8.18.24 PM

“Kekuatan online buat saya sangat luar biasa ya. Dia (online) menjangkau orang-orang yang kadang kita udah mentok nih, mau pemasarannya kemana. Tapi dengan adanya online tuh jadi satu market yang unlimited reachnya gitu. Bahkan sampai ke luar negeri juga masih bisa orang jangkau gitu.”,kata pria yang kini fokus membantu kedua orang tuanya mengembangkan Mamade.

Online telah berkontribusi besar bagi perkembangan Mamade. Bukan hanya menjadi media jual beli, tapi oline juga menjadi media iklan Mamade. Masyarakat mulai mengetahaui produk makaroni gurih ini dari pemasarannya melalui media online.

Mamade telah merasakan sekaligus membuktikan bagaimana media online membuat produk ini kini dikenal masyarakat luas. Memang jika digunakan dengan benar, internet dan online media bisa membantu kita mengembangkan bisnis dan meraup keuntungan yang tidak main-main.

Leave a comment